Address
Jln Sorong – Aimas Km.14 Sorong
Phone
081284504166
Email
dpplhsorko@gmail.com

Pemkot Sorong Pasang Alat Pemantau Kualitas Sungai Remu

Diterbitkan Kamis, 13 Juni 2024

 

Pemerintah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, memasang satu unit peralatan sistem pemantauan kualitas air secara kontinyu, otomatis, dan online (ONLIMO) guna menjaga kualitas sungai Remu, yang menjadi sumber air masyarakat.

Kepala Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Kota Sorong, Julian Kelly Kambu mengatakan pengadaan alat pantau kualitas air sungai itu bersumber dari dana alokasi khusus atau DAK tahun anggaran 2022 senilai Rp1,3 miliar.

Dia mengatakan bahwa alat tersebut sedang dalam proses pemasangan oleh tim teknis di intake sungai Remu, untuk mendeteksi kualitas air yang selama ini dikelola oleh perusahaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Alat ini menggunakan sistem digital dan monitornya dipasang di kantor wali kota untuk memantau kualitas air Sungai Remu secara rutin setiap hari,” kata Kelly Kambu di Sorong, Jumat (7/10/2022).

Guna memantau secara rutin, satu orang staf Dinas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan satu orang staf perusahaan air bersih Tirta Remu dilatih khusus untuk melakukan pemantauan menggunakan alat ONLIMO.

Dia mengatakan bahwa tujuan pemantauan secara rutin agar jika ada perubahan partikel pada air sungai Remu seperti tiba-tiba mengandung bahan logam langsung secepatnya dilakukan penanganan.

Dengan alat pemantau tersebut, perubahan kualitas air Sungai Remu secara otomatis dan kontinyu dapat dimonitor setiap hari serta masyarakat yang ingin mengetahui informasi tersebut bisa lihat langsung di layar monitor lantai satu kantor wali kota.

“Tujuan utama alat ini jelas untuk menjaga kualitas air Sungai Remu yang sampai saat ini menjadi satu-satunya sumber air bersih bagi masyarakat,” tambah Kelly. (*)

 

jubi.id/tanah-papua/2022/pemkot-sorong

-pasang-alat-pemantau-kualitas-sungai-remu/